Jumat, 17 April 2009

Membuat Style di Keyboard Technics Agar Terdengar Lebih Baik

KN7000 memiliki banyak fitur yang dapat kita gunakan, tergantung bagaimana kita menggunakan fitur-fitur yang ada pada KN7000. Saya bermain keyboard sejak tahun 1998, saya bermain di beberapa pesta pernikahan, dll. Ketika pertama kali saya menggunakan Keyboard Technics, saya kurang puas dengan style yang ada pada keyboard tersebut. Waktu itu saya menggunakan KN1500. Jadi saya mencoba membuat style sendiri di keyboard tersebut, karena belum familiar dengan keyboard Technics, saya mempelajari dulu struktur program dari keyboard tersebut. Sebelumnya saya menggunakan Yamaha PSR-510. Setelah style yang saya buat selesai, kok suaranya ga bagus ya? Kurang nendang, lemah, sepi, dll yang membuat saya merasa tidak bersemangat untuk mendengarnya. Jadi saya pelajari lagi keyboard tersebut dari hari ke hari untuk mendapatkan hasil yang dapat membuat saya merasa puas, itu saja sudah cukup kok, asal saya nyaman mendengarnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan setelah melewati pembelajaran, pengalaman di lapangan, kritik dari pendengar, inspirasi dari teman-teman, dll, sampai kena marah sama bapak (karena saya sering ber-eksperimen dengan sound-sound yang ada di keyboard. Kata beliau "suara apa tuh? Kalo mau latihan itu yang bener.. Ga enak di dengar, kecilin volumenya..!!" ) Hehehe...

Dulu waktu saya masih kelas 6 SD saya memang tidak suka bermain Keyboard, saya hanya suka bermain Drum karena "WoW.. Keren... Drummernya yang berambut panjang memutar-mutar stick ditangannya lalu memukuli benda yang tidak berdosa itu.. pikiran saya waktu itu adalah bahwa drummernya adalah yang paling menonjol.. hihihi..". Tapi setelah saya merasa kesulitan untuk bongkar pasang Drum karena Drumnya sering dipake untuk manggung, hanya keyboardnya saja yang sering ditaruh dikamar saya. Jadi saya sering utak-atik tombol-tombol pada keyboard yang merknya Roland (seri berapa saya lupa hehehe.. masih seri lama) sampai akhirnya diganti Yamaha PSR-510. Waktu itu saya hanya bisa memprogram style, tidak bisa bermain, aneh ga tuh..? Hihihi.. Trus waktu saya kelas 2 SMA, keyboard saya diganti KN6000 dan pada tahun 2007 saya mulai menggunakan KN7000.

Loh.. kok malah cerita RoNz? Mana langkah-langkahnya? Oh iya.. xixixi..

Kita langsung aja berbagi pengalaman tentang langkah-langkah yang biasa saya gunakan untuk membuat style agar terdengar lebih bagus.. Hehehe.. Disini saya menggunakan KN7000, fitur yang dikemukakan disini sudah ada sejak KN6000.

Saya hanya menjelaskan langkah-langkah secara garis besar saja, tidak mendetil mengenai pembuatan part-part pada Composer.

1. Memilih Drum

Pertama-tama kita memilih Drum Kit dasar yang akan kita gunakan untuk membuat style. Trus ditulis ke User Kit dengan menggunakan Sound Edit. Saat ini Kita tidak harus mengedit Drumnya terlebih dahulu. Editing Drumnya baru kita lakukan nantinya.

2. Merekam Part Pada Composer

Rekamlah style anda dengan menggunakan User Kit tadi sebagai Drum dan selesaikanlah masing-masing part sesuai dengan yang kita inginkan. Jangan lupa mengatur volume masing-masing part agar terdengar seimbang sehingga kita merasa nyaman dalam membuat variasi lainnya. Saya biasanya mengatur volume Drum lebih besar dari volume Bass dan dan part-part lainnya saya set dibawah volume Drum dan Bass. Pengaturan ini saya gunakan untuk sound standar yang belum di edit.

3. Mengatur Pan Instrumen

Setelah kita merekam semua part pada composer, kita sekarang mencoba mengatur Pan untuk accomp-accomp dengan menekan Part Setting pada sebelah kiri layar Composer Realtime Recording. Aturlah Pan untuk instrumen dengan frekwensi tinggi (Contoh: Piano, Guitar, dll) agar memiliki gambaran stereo (stereo imaging). Ini dapat dilakukan dengan mengatur part Guitar ke Right 52 dan Piano ke Left 52, maksudnya agar suara Piano berbunyi disebelah kiri dan gitar disebelah kanan. Usahakan untuk tidak mengatur Pan beberapa instrumen ke Center karena akan membuat stlye kita terdengar "berisik". Biarkan part Drum dan Bass pada nilai standarnya.

4. Mengatur Equalizer Instrumen

Dengarkanlah style kita tadi. Jika kita udah nyaman dengan pengaturan Pan tadi, maka sekarang waktunya untuk mengatur equalizer tiap-tiap part pada Page 2 dari Part Setting. Tambahkan treble suara Piano kita dengan menaikkan EQ-Hi Gain[dB] (dengan EQ-Hi Fc pada 10kHz). Pada beberapa style, piano dan gitar ditempatkan pada Range Frekwensi yang tinggi, jadi turunkan EQ-Low Gain[dB] untuk mengurangi frekwensi rendah (pastikan EQ-Low Fc dibawah 150Hz). Aturlah sampai kita merasa nyaman mendengarnya.

5. Mengedit "User Kit"

Sekarang kita pasti mendengar part Drums yang kita bikin bunyinya kurang bagus atau “lemah”. Pada langkah ini kita mulai mengedit suara Drum dengan memilih User Kit pada layar utama dan tekan Program Menus -> Sound Edit. Aturlah Level dan Reverb pada masing-masing instrumen drum. Kemudian aturlah Filter dan Amplitude masing-masing instrumen pada layar Detail Edit. Bass Kick dan Toms dikategorikan ke instrumen yang berfrekwensi rendah, Hi-Hats and Cymbals pada Frekuensi tinggi. Tambahkan treble untuk Hi-Hats and Cymbals dengan memilih mode HPF+Eq dengan Filter CutOff dibawah 500 kemudian tambahkan nilai Equalizer Gain/Reso. Lakukan ini juga terhadap instrumen-instrumen lain yang memiliki frekuensi tinggi. Untuk instrumen yang berfrekuensi rendah, anda dapat memilih mode LPF+EQ dengan Filter Cutoff dibawah 8K kemudian atur Equalizer Range ke Low dan naikkan Equalizer Gain/Reso untuk menambah power pada instrumen-instrumen yang berfrekuensi rendah (biar tendangannya lebih mantap).

6. Sudah puas dengan Style tadi?

Setelah kita merasa puas dengan style yang udah kita mixing tadi, kita dapat menyimpannya ke Disket/SD-Card. Besok harinya kita harus mendengar style kita lagi. Kenapa? Karena pasti terdapat kekurangan ketika kita mendengarkannya lagi, maka disinilah kita mengatur apa yang menurut kita kurang sampai kita mendapatkan hasil akhir yang penting kita udah merasa nyaman dengan style yang kita buat.

Demikianlah beberapa tips untuk membuat style agar terdengar lebih bagus. Perlu diingat bahwa ini bukanlah cara yang mutlak, ini hanyalah langkah-langkah yang biasa saya gunakan untuk membuat style, terutama urutan pembuatannya.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar