Sabtu, 04 April 2009

The History of Backup







Dalam bidang komputer, backup mengacu pada pembuatan salinan data atau file-file komputer sehingga salinan ini dapat di-restore kembali ke kondisi operasional semula untuk berjaga-jaga jika terjadi kejadian yang menyebabkan data atau file-file hilang atau corrupt. Hasil jadi dari pembuatan salinan ini disebut pula sebagai "backup". Contoh sederhanyanya adalah ketika Anda menyimpan suatu file dari komputer ke USB flash drive Anda, Anda telah membuat backup file tersebut dalam USB flash drive, jadi sekiranya nanti file dalam komputer Anda rusak atau terhapus, Anda dapat mengembalikan file tersebut dari USB flash drive ke komputer Anda.

Pada perusahaan yang telah menggunakan teknologi berbasis komputer dimana data-data berkaitan operasional perusahaan lebih banyak diproses dan tersimpan dalam komputer, backup merupakan hal yang tidak bisa disepelekan. Mungkin dapat dilakukan sebulan sekali, seminggu sekali, sehari sekali atau bahkan melalui pendekatan real-time.

Backup data komputer merupakan bidang yang cepat berkembang saat ini. Tren dan solusi baru bermunculan, metoda dan teknik backup pun menjadi kompleks. Ini terkait dengan perkembangan teknologi komputer dan berkembannya volume data yang harus ditangani. Hal yang juga terkait erat dengan backup adalah media penyimpanan data. Dimulai dari punch cards, magnetic tapes, floppy disk, CD-R/RW dan DVD, flash drive, Blu-ray disk dan HD-DVD, sampai dengan solusi network dan world wide web (www).

Untuk membaca lebih lanjut sejarah mengenai backup, Maxim Yurin dari SoftLogica telah menuliskan artikel dalam website khusus The History of Backup yang dapat Anda kunjungi. Di sana dituliskan berbagai hal terkait backup khususnya media penyimpanan yang digunakan.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar