Sabtu, 04 April 2009

Intel Dedikasikan Atom Untuk Mobil dan VoIP

Melanjutkan inovasi seputar prosesor Intel Atom untuk menambah segmentasi pasar baru, Intel Corporation gelontorkan empat versi prosesor khusus dan dua sistem controller hub baru yang menambah jajaran produk dari divisi 'embedded' Intel.

Produk-produk terbaru dari prosesor seri Intel Atom Z5xx tersebut menawarkan pilihan untuk industrial-temperature, termasuk pilihan ukuran kemasan berbeda yang lebih cocok digunakan pada perangkat in-car infotainment, media phone, eco-technology dan penggunaan aplikasi khusus lainnya di industri.

Prosesor Intel Atom yang hemat energi inilah yang melatarbelakangi pertumbuhan Intel ke pangsa pasar baru yang berhubungan dengan komputasi, menambah kepopuleran arsitektur Intel ke industri embedded seperti pada automotive in-vehicle infotainment (IVI), industri control and automation, dan media phone. Produk tersebut juga memungkinkan pengembangan inovasi pasar dengan mengintegrasikan grafik 2D dan 3D, video acceleration dan dukungan untuk berbagai macam sistem operasi termasuk beberapa versi Windows dan Linux.

"Dengan tambahan produk-produk terbaru ini, kami dapat menghadirkan keunggulan dari prosesor Intel untuk penggunaan, perangkat dan pihak yang mengembangkan produk untuk digunakan pada lingkungan kerja dengan suhu ruangan yang tak terkendali, dengan tetap memperhatikan kebutuhan daya rendah," kata Doug Davis, vice president Digital Enterprise Group dan general manager Embedded and Communications Group, Intel, melalui keterangan resminya, Rabu (4/3/2009).

"Produk ini akan memenuhi kebutuhan dari industri embedded dengan pangsa pasar baru yang akan memiliki peran besar dalam menghadirkan konektivitas dan fungsionalitas yang dibutuhkan pada beragam perangkat yang berhubungan dengan embedded internet, dan diharapkan tumbuh dengan perkiraan sekitar 15 miliar perangkat pada 2015," tambah Davis yang mengutip laporan John Gantz dari IDC, Januari lalu, yang berjudul 'The Embedded Internet: Methodology and Findings'.

Prosesor Intel Atom adalah prosesor Intel dengan ukuran terkecil, menggunakan transistor terkecil dan paling hemat energi di dunia. Pengalaman Intel embedded computing division selama 30 tahun fokus untuk mesin, perangkat dan peralatan yang memiliki kemampuan untuk komputasi dan berinternet namun tidak dengan PC tradisional, laptop ataupun server. Intel menawarkan siklus produk yang panjang selama 7 tahun untuk area yang membutuhkan siklus produk yang lebih panjang, seperti IVI.

Selain penggunaan di mobil, prosesor seri Intel Atom Z5xx juga ditujukan untuk kategori baru perangkat komunikasi berbasis internet yang disebut Intel sebagai 'media phones'. Seri Intel Atom Z5xx memiliki kemasan dan kebutuhan daya yang ideal untuk media phone, yang dapat memberikan layanan komunikasi melalui protokol internet (IP) yang mudah, one-touch access untuk penggunaan lifestyle seperti e-mail, text messaging, informasi cuaca, YouTube, ramalan bintang dan album foto digital.

Untuk mempercepat hadirnya kategori perangkat baru ini, Intel hari ini memperkenalkan Intel Media Phone Reference Design yang akan memfasilitasi pengembangan solusi hardware hingga dapat dihadirkan ke pasar. Platform hardware untuk proses pengembangan ini meliputi skema dan sekumpulan software yang sudah divalidasi.

Produk baru ini akan tersedia pada kuartal kedua. Intel menawarkan beragam spektrum seperti embedded silicon, teknologi, komponen dan alat yang memungkinkan bisnis dapat memenuhi kebutuhan platform yang ketat dan jadwal pengembangan yang kompetitif. Prosesor berbasis arsitektur Intel memberikan peningkatan kinerja efisiensi energi, dengan ketersediaan catu daya dan ruang yang terbatas untuk penggunaan pada perangkat embedded.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar