Jumat, 10 April 2009

Intel Rilis Xeon 5500 dan 3500

Intel dikabarkan telah meluncurkan chip Xeon pertamanya yang berbasis Nehalem. Perancangan chip itu sendiri diperuntukkan bagi server dan workstation yang diharapkan dapat membawa peningkatan performance dan efisiensi power untuk platform Xeon. Chip Xeon 5500 series, dicipta untuk sistem dual soket, sedangkan chip Xeon 3500 menyasar segmen sistem single soket (Nehalem EP/Efficient Performance).

Sedikit ditarik ke belakang, prosesor Nehalem untuk desktop telah diluncurkan tahun lalu dengan mengusung nama Core i7, sedangkan Nehalem untuk server yang membekal empat soket atau lebih dirilis tahun ini. Intel mengungkapkan, bahwa peningkatan performance platform kedua Xeon gress tersebut bakal menggantikan Sembilan server lama dengan sistem single Nehalem.

Sistem Nehalem mengkonsumsi 20 persen energi dan dikombinasikan dengan beberapa server dengan kecepatan 25 Gbit/s, demikian diungkap oleh Gordon Haff (kepala IT perusahaan analis Iluminata). Sistem Nehalem EP dapat mendukung memori DDR3 144 GB dan memori controller support hingga 1333 Mhz. Teknologi Hyper-Threading Intel dapat membuat setiap core processor mampu menangani dua task yang bersamaan.

Fitur lain Nehalem adalah Turbo Boost, yang dapat membantu penggunaan processor secara maksimum. Jika sistem operasi meminta performance lebih, dan chip berada dalam panas tinggi, maka fitur tersebut dapat mendorong clock speed untuk setiap core processor. Fitur Intel Flex Migration juga akan memudahkan migrasi mesin virtual antara server yang berbasis Nehalem dan chip Intel.

Chip Intel Xeon 5500 Series akan memiliki clock speed 3.2 GHz hingga 1.86 GHz, dengan empat band (130W, 95W, 80W dan 60W). Sementara untuk chip single-socket Xeon 3500 memiliki clock speed 3.2GHz, 2.93GHz dan 2.66GHz, dalam band 130W.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar