Sabtu, 18 April 2009

Memperkecil Ukuran File EXE

Di sistem operasi Windows, sering kita jumpai file yang berekstensi EXE berukuran besar, bisa berukuran lebih dari 5 MB. Kalau Anda ingin mengirimkannya ke teman Anda lewat e-mail, waktu yang dibutuhkan lama untuk upload bisa lama. Kawan Anda pun butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengunduhnya.

Ada sebuah aplikasi yang bisa mengompres ukuran file EXE menjadi lebih kecil, tapi bukan aplikasi seperti WinRar atau WinZip. Namanya UPX atau Ultimate Packer for eXecutables. Anda bisa mengunduhnya di http://upx.sourceforge.net/download/upx203w.zip. Ukuran paket programnya boleh dibilang kecil—hanya 284KB. Jadi, hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mengunduhnya.


Selain singkatan dari Ultimate Packer for eXecutables, UPX juga disingkat dari Universal Portable eXtendable. Kata “universal” di situ menandakan bahwa aplikasi ini bersifat umum, bisa digunakan pada 20 format file EXE. Kata “portable” berarti aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus diinstal karena ditulis dengan bahasa Portable Endian-Neutral C++. Kata “extendable” berarti mendukung file dengan format EXE dan kompresi algoritma baru.

Kalau Anda sudah mengunduh paket program, ekstrak file tersebut ke sebuah folder. Siapkan file EXE yang ingin dikompres dengan menyalinnya ke folder yang sama dengan aplikasi UPX. Karena aplikasi ini berjalan lewat DOS, jadi Anda harus membuka Command Prompt atau MS-DOS terlebih dahulu.

Caranya klik [Start] > [Run], lalu ketik cmd dan tekan [Enter]. Pada jendela Command Prompt, masuklah ke folder di mana file UPX diekstrak, misalnya folder-nya berada di drive D, ketik d: dan tekan [Enter] kemudian ketik cd diikuti dengan nama folder dan tekan [Enter] lagi. Misalnya cd UPX.

Setelah itu, ketik upx diikuti dengan nama file dan tekan [Enter]. Contoh: upx setup.exe. Tunggu hingga prosesnya selesai. Ketika UPX dicoba mengompres file exe berukuran 8339456KB, hasilnya memuaskan. Hasil kompresi berukuran 3104768 KB—hanya 37,23% dari ukuran file asli.

Kalau Anda ingin mengompres file yang berjumlah lebih dari satu, Anda bisa langsung mengompres semuanya. Caranya ketik upx *.exe atau upx *.dll dan tekan [Enter] untuk memprosesnya. Tapi jangan lupa, letakkan seluruh file yang hendak dikompres di 1 folder, yakni folder UPX.

Tapi, jika file tersebut telah dikompres, akan ada dampak negatif yang dihasilkan, performa file tersebut menjadi berkurang atau menjadi lambat. Untuk menanggulangi masalah tersebut, anda bisa mengestraknya kembali, ketik perintah upx -d diikuti dengan nama file dan tekan [Enter]. Contoh: upx –d setup.exe. Dalam sekejap, file tersebut telah menjadi seperti semula.

Untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya file exe, Anda sebaiknya membuat file backup, caranya ketik upx –k diikuti dengan nama file, kemudian tekan [Enter]. File Anda akan disalin di folder upx dengan ekstensi EX~. Jika Anda ingin menggunakannya lagi, ganti saja ekstensinya menjadi EXE dengan cara rename.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar