Sabtu, 04 April 2009

Menerima Telepon dari Pengunjung Blog

Blog umumnya menawarkan kemudahan berinteraksi antara pemilik blog dan pengunjungnya. Alat komunikasi yang biasa digunakan oleh pemilik blog bisa berupa komentar di setiap posting, atau kolom komentar umum. Jika sang pemilik blog ini berkomunikasi secara personal dengan pengunjungnya, tak jarang disediakan pula ruang chat pribadi atau alamat Messenger.

Dengan hadirnya jaxtr, pengunjung blog akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Mereka tidak lagi berkomunikasi dalam batas tulisan, tetapi bisa melakukan panggilan langsung ke ponsel pemilik blog langsung melalui web.

Cara kerja jaxtr Widget sebetulnya cukup sederhana. Jika pengunjung membuka situs Anda, akan muncul pilihan “call me free” untuk menelpon Anda atau “send voice mail” untuk mengirim pesan suara. Jika jaxtr mendukung pengiriman SMS ke operator seluler Anda, maka akan muncul juga opsi “text me” di widget.

Setelah pengunjung memilih layanan yang diinginkan, pengunjung situs akan diminta untuk memasukkan nomor teleponnya, lalu mengklik tombol 'call me'. Tak lama kemudian jaxtr akan menelepon Anda dan pengunjung situs. Setelah sama-sama terhubung, Anda bisa ngobrol dengan pengunjung melalui telepon. Selanjutnya, pengunjung situs akan mendapatkan nomor jaxtr Anda untuk menghubungi Anda di lain waktu. Sebaliknya juga dengan Anda akan mendapatkan nomor penelpon. Jangan khawatir soal privasi, masing-masing pihak tidak akan mendapatkan nomor telepon yang sesungguhnya melainkan yang muncul adalah nomor jaxtr.

Untuk memasang fitur tersebut di blog, Anda harus login dulu ke Jaxtr. Di halaman utama, masuklah ke menu 'Widgets'. Atur tampilan Widget Anda di bagian 'Customize'. Setelah semuanya siap, pilih menu 'Post it!'

Di menu 'Pick your site', pilih di situs mana Anda akan memasang widget jaxtr. Setelah itu, pilih format widget yang ingin Anda gunakan pada bagian 'Select widget for :'. Terdapat beberapa pilihan ukuran di sana, mulai dari yang berukuran besar dan lengkap hingga yang paling sederhana. Di bagian bawahnya, terdapat petunjuk cara memasukkan widget tersebut ke situs Anda sesuai dengan lokasi di mana widget jaxtr akan diletakkan.

Selanjutnya, jaxter Widget siap digunakan oleh pengunjung.

Tidak hanya blog, Anda juga bisa menggunakan fitur ini di situs pribadi atau di situs jejaring sosial Anda, seperti Friendster, My Space, Facebook, Hi5, LinkedIn, Yahoo 360 dan berbagai situs jejaring sosial lainnya.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar