Sabtu, 04 April 2009

Mengirim SMS Lewat Yahoo! Mail

Sebelumnya saya hanya mengetahui bahwa fasilitas pengiriman SMS ke ke beberapa nomor dari operator GSM di Indonesia (Excelcom, Hutch3, Indosat, dan Telkomsel) dapat dilakukan dari Yahoo! Messenger, dan saya baru mengetahui jika fasilitas tersebut dapat pula dilakukan dari Yahoo! Mail tampilan baru. Ini saya ketahui setelah tadi membaca pengumuman Yahoo! bahwa fasilitas instant messaging dan pengiriman SMS sedang diberlakukan secara bertahap untuk seluruh pengguna Yahoo! Mail dengan tampilan Classic, tampilan yang selama ini saya gunakan untuk account Yahoo! Mail saya. Karena memang belum menemukannya, saya pun mencoba melihat-lihat tampilan baru Yahoo! Mail yang sudah tidak Beta lagi. Dari sinilah saya baru mengetahui ternyata fasilitas pengiriman SMS gratis sudah dapat digunakan ke nomor beberapa operator Indonesia.

Bagi yang telat mengetahui bagaimana mengirim SMS melalui Yahoo! Mail seperti saya, hal yang pertama dilakukan adalah berpindah ke tampilan baru Yahoo! Mail jika saat ini masih menggunakan tampilan Classic.


Setelah itu login ke Yahoo! Mail chat dengan memilih status yang akan diberlakukan, apakah Available, Busy, atau Invisible jika menginginkan teman-teman Anda tidak mengetahui Anda sedang online.

Setelah login ke Yahoo! Mail chat dengan status yang Anda pilih, klik panah sebelah icon New dan pilihlah Text Message (SMS). Untuk mempermudah akses ke fitur pengiriman SMS ini dapat pula dilakukan dengan tombol “t” pada keyboard.

Jika pertama kali menggunakan fasilitas pembuatan SMS, maka Anda akan dimintai untuk memilih negara asal. Pada daftar ini, Anda akan menemukan pilihan negara Indonesia.

Setelah mengklik tombol OK, pada Yahoo! mail akan dibuka tab baru untuk memulai aktivitas pengiriman SMS ke nomor-nomor dari operator yang didukung seperti yang saya sebutkan di atas.

Fasilitas pengiriman SMS ini akan ditampilkan seperti halnya fasilitas instan messenger yang ada pada Yahoo! Mail, jadi fasilitas kirim SMS ini pada Yahoo Mail sama dengan fasilitas yang sama pada Yahoo messenger, dapat dijadikan sebagai media chatting melalui SMS.












Bagi penerima pesan SMS yang diterima pun akan sama seperti ketika menerima pesan SMS dari pengguna Yahoo! Messenger, untuk nomor Telkomsel akan diterima dari nomor 7 digit berformat 4246xxx. Penerima kan dapat membalas pesan SMS tersebut langsung ke nomor tersebut dan akan diterima pada jendela percakapan di Yahoo! mail.

Ketika mengirim pesan SMS ke suatu nomor, pengiriman akan dihentikan setelah pesan ke tiga jika penerima pesan belum membalas satu pun SMS yang diterima. Jika sudah pernah membalas setidaknya sekali maka dari Yahoo! Mail akan terus dapat berkirim pesan SMS.

Sayangnya jika pengiriman SMS melalui Yahoo! Mail ini dianggap gratis dengan mengesampingan biaya akses internet, bagi penerima SMS yang ingin membalas akan dikenakan biaya yang lebih mahal dari biaya SMS standar, dari nomor Simpati dikenakan biaya Rp550,00. Kekurangan lainnya yang terjadi adalah lambatnya balasan pesan dari SMS yang dikirmkan pengguna handphone, yaitu sekitar 10 menit. Ini setidaknya yang terjadi dari nomor Telkomsel yang baru saya coba.

Dalam waktu dekat, fasilitas IM dan SMS juga akan hadir pada tampilan Yahoo! Mail Classic. Kita tunggu saja saatnya ini aktif pada account Yahoo! Mail yang kita miliki, atau mungkin Anda akan mengecek sekarang, mungkin saja sudah aktif pada account Anda.

Artikel yang berkaitan



1 komentar:

lukman mengatakan...

saya sudah coba kirim sms lewat yahoo ke nomor saya sendiri dan berhasil dengan baik. Tetapi ketika sy coba kirim ke nomer lain kenapa muncul peringatan ini : Messenger tidak dapat mengirim pesan SMS ke nomor ponsel ini. kenapa bisa begitu ?
Mohon jawabannya ke lukman_aditia@yahoo.co.id

Poskan Komentar