Sabtu, 04 April 2009

Tips Agar Baterai Ponsel Tahan Lama

Tips Agar Baterai Ponsel Tahan Lama

1. Untuk baterai baru, usahakan untuk me-recharge baterai tersebut terlebih dahulu setidaknya selama 6 jam. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kinerja sel pada baterai yang baru digunakan.

2. Matikan (turn-off) ponsel Anda pada saat me-recharge agar arus listrik pada baterai dapat terisi secara maksimal.

3. Jangan terlalu lama me-recharge ponsel. Segera lepaskan charger apabila arus listrik pada ponsel Anda telah penuh untuk menghindari overload.

4. Jauhkan ponsel dari benda-benda elektronik (TV, radio tape, kulkas, computer, dan sebagainya) pada saat me-recharge. Gelombang elekromagnetik dari benda elektronik tersebut dapat mengganggu kestabilan proses recharge sehingga arus listrik yang masuk menjadi kurang maksimal.

5. Apabila tipe baterai yang Anda gunakan menggunakan sel berbahan dasar Ni-MH (Nickel Metal Hybrid), sebaiknya lakukan recharge pada saat arus listrik dari baterai tersebut benar-banar habis. Sebaliknya jika tipe baterai yang anda gunakan menggunakan sel berbahan dasar Li-ION/Li-PO (Lithium Ion/ Lithium Polymer) maka lakukan recharge saat arus listrik dari baterai masih tersisa, usahakan jangan me-recharge pada saat arus listrik dari baterai benar-benar habis.

6. Apabila Anda akan melepaskan baterai dari ponsel, pastikan ponsel benar-benar dalam keadaan turn-off untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek (konslet).

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar