Rabu, 25 Maret 2009

Mahluk Laut Tertua Berusia 4.000 Tahun

HAWAI - Tahukah anda? Terumbu karang dalam laut merupakan makhluk hidup laut berkerangka tertua. Demikian hasil penelitian terbaru yang dikutip dari Live Science, Selasa (24/3/2009).


Tim ahli menemukan spesies terumbu karang tua di kepulauan Hawai yang ternyata telah berusia 4.256 tahun. Terumbu karang tersebut terancam punah oleh perubahan cuaca, polusi dalam air, dan pendangkalan kedalaman laut sekira 300 sampai 3.000 meter.

Spesies hampir punah ini menjadi tempat berlindung bagi berbagai makhluk laut, selain juga merupakan pusat keragaman biota laut. Bukit karang terbesar di dunia terdapat di Australia, yaitu Great Barrier Reef off the coast of Queensland, wilayah pantai sepanjang Mexico dan Belize, serta Bahama dan Maldives pun menyimpan spesies langka ini.

Brendan Roark dari Universitas A&M, Texas, beserta timnya mengukur rangka spesimen dari Hawai tersebut melalui pengukuran radiokarbon. Hasilnya, diketahui makhluk laut tertua itu berumur 4.265 tahun.

Roark mengatakan riset ini mengundang perhatian akan pentingnya pelestarian terumbu karang yang hampir punah.

"Kami menghimbau agar generasi penerus dapat melestarikan terumbu karang," pungkasnya.

Dua contoh spesies yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah Gerardia (spesies karang berwarna emas) dan Leiopathes (spesies karang berwarna hitam)

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar