Sabtu, 04 April 2009

Aplikasi Gratis Mengatasi Virus Pada Ponsel

Layaknya seperti komputer, ponsel pun dapat terinfeksi virus yang mengakibatkan rusaknya fungsi dan aplikasi pada ponsel anda. Jalur penyebarannya bisa melalui via SMS, Bluetooth maupun MMS.

Banyak akibat yang disebabkan oleh virus, seperti merusak fasilitas SMS/MMS yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Contohnya, ponsel mengirimkan SMS/MMS ke semua nomor yang ada di phone book tanpa kita ketahui.

Ada juga penularan virus lewat Bluetooth aktif yang berada disekitarnya, bahkan dapat membuat ponsel restart dengan sendirinya secara berulang-ulang hingga tidak dapat digunakan lagi.

Nah..bila anda mengalami hal tersebut jangan khawatir karena kini ada 4 aplikasi yang dapat menanggulangi virus-virus perusak ponsel anda dan yang menguntungkannya lagi aplikasi ini dapat di download secara Gratis.

Empat (4) Aplikasi tersebut adalah ; FortiCleanUp for Curse SMS, FortiCleanUp for Commwarrior Virus, FortiCleanUp for Hati-Hati Virus dan FortiCleanUp for Beselo Virus.

Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaannya.

1. Download aplikasi dari http : //www.fertiguardcenter.com/mobile/cleanup.html. tersedia bebrapa bahasa, sebaiknya pilih Multilanguage. Perhatikan juga pilihan S60 versi Symbol 7/8/9 yang tersedia. Jadi, download file yang sesuai dengan tipe ponsel anda.

2. Transfer satu persatu file hasil download ke ponsel menggunakan konektivitas yang tersedia (Bluetooth, infrared, kabel data). Selanjutnya proses instalasi akan berjalan otomatis.

3. Buka Menu > FortiCleanUp Curse SMS > Options > Open.

4. Proses scanning akan berlangsung otomatis dan bila selesai aplikasi akan menampilkan hasil akhirnya. Bila ditemukan virus maka aplikasi akan menampilkannya di dalam box karantina dan penghapusannya pun secara otomatis. Bila ingin scan ulang, klik option > scan.

5. Menjalankan FortiCleanUp for Commwarrior pada dasarnya sama seperti CurseSMS. Buka menu > pilih FortiCleanUp Commwarrior dan proses scan otomatis akan berlangsung.

6. Hanya saja pada aplikasi FortiCleanUp for Commwarrior tersedia fitur tambahan berupa ‘full scan’ (scan secara penuh, seluruh drive akan di scan) dan ‘quick scan’ (scan cepat, hanya file system saja yang di scan).


7. Bila hasil scan menentukan virus akan tampil notifikasi tentang beberapa virus yang ditemukan. Selanjutnya ketika keluar dari aplikasi, akan muncul notifikasi agar anda merestart ulang ponsel.

8. Begitu juga dengan FortiCleanUp for Hati-Hati dan Virus Beselo, menjalankannya sama dengan untuk Commwarrior. Tidak ada perbedaan fitur dan langkah penggunaanya.

9. Aplikasi ini sengaja dibuatsatu aplikasi untuk satu jenis virus. Karena umumnya virus pada ponsel menunjukkan jati dirinya sendiri. Jadi bila telah terlihat jelas tulisan ‘commwarrior’, anda cukup meng-install FortiCleanUp for Commwarrior saja. Ukuran file-file aplikasi ini cukup kecil (sekitar 40an Kb) bila memori yang anda pakai cuup besar, maka tidak ada salahnya untuk menginstall ke empat aplikasi tersebut agar ponsel Anda aman dari virus-virus yang merugikan

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar