Selasa, 07 April 2009

FireShot untuk Pengambilan Screenshot Halaman Web

Cara sederhana untuk mengambil tampilan layar atau screenshot adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard dan melakukan paste pada program image editor atau aplikasi lainnya. Untuk kemudahan dalam pengambilan area yang diambil dan juga pengolahannya, dapat pula menggunakan program screen capture khuisu seperti PicPick Tools . Khusus untuk pengambilan screenshot suatu halaman web, alternatif lain yang dapat digunakan adalah menggunakan FireShot. Berbeda dengan saudaranya Screenshot Studio yang hanya menyediakan free trial, Fireshot dapat digunakan secara gratis namun ini hanya dihadirkan sebagai sebuah extension baik untuk Mozilla Firefox maupun Microsoft Internet Explorer dengan pilihan upgrade ke versi Pro-nya.

Setelah Anda menginstall add-on FireShot, misalnya untuk Mozilla Firefox, maka nantinya Anda akan mendapati tombol baru berupa logo FireShot dan dengan tombol tersebut pengambilan screenshot dari halaman web yang sedang dibuka mulai dapat dilakukan. Selain melalui tombol tersebut, pengambilan screenshot juga dapat dilakukan dari context menu pada saat klik kanan halaman web. Untuk pengolahan image yang diambil tersebut, FireShot dilengkapi pula dengan image editor yang dengannya proses editing image dapat dilakukan seperti melakukan croping, mengubah ukuran, menambah teks, anotasi, dan efek-efek tertentu.




Setelah proses editing selesai dilakukan, pilihan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyimpan image tersebut ke komputer, mengirimkannya melalui email, meng-copy ke clipboard, mengupload ke image hosting (easycaptures.com), mencentak ke printer, atau mengirimkan ke image editor eksternal yang ditentukan sebelumnya. Untuk akses fungsi-fungsi ini, dapat dilakukan melalui ikon-ikon yang ada pada status bar Firefox.

Keterbatasan FireShot adalah hanya digunakan untuk pengambilan screenshot dari suatu halaman web, namun jika aktivitas Anda dalam mengambil screenshot memang lebih sering untuk keperluan tersebut, tidak ada salahnya mencoba FireShot ini.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar