Minggu, 05 April 2009

Teleskop Raksasa Dapat Temukan Planet Seperti Bumi

Para ilmuwan berencana membangun teleskop raksasa yang nantinya berfungsi untuk mengenali planet yang dapat dihuni seperti Bumi dengan menggunakan sistem solar jarak jauh.

Ahli Astronomi mengklaim teleskop raksasa buatan Eropa ini nantinya akan menjadi teleskop optik pertama yang mampu memilah cahaya redup yang dipantulkan oleh planet sebagai orbit bintang.

Terobosan baru dalam ilmu alam ini nantinya dapat digunakan untuk menemukan planet hingga jarak 100 juta mil jauhnya, demikian dikutip dari Telegraph, Senin (6/4/2009).

Cahaya petunjuk yang datang dari planet yang ditemukan dapat mengungkapkan jenis air yang terdapat pada permukaan planet, serta udara yang melingkupi atmosfernya. Selanjutnya akan diteliti apakah planet tersebut dapat dihuni atau tidak.

Teleskop senilai satu miliar ini memiliki lebih banyak gelas kaca dibandingkan dengan teleskop lain di dunia. Disinyalir teleskop ini berkekuatan besar sehingga Astronom dapat menggunakannya untuk memantau Bulan

Dengan teleskop ini, mereka juga dapat melihat ukuran mobil penjelajah bulan yang tertinggal pada saat misi Apollo.

Isobel Hook, dari Oxford University mengatakan, "Komunitas astronomi telah berkembang sangat pesat. Hal itu ditandai dengan adanya proyek ini, pembuatan teleskop raksasa memungkinkan kita untuk melihat gambar yang lebih tajam."

"Penemuan ini merupakan resolusi yang bisa membuat kita dapat melihat struktur dan objek di alam semesta yang belum kita ketahui hingga sekarang" tambahnya.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar