Sabtu, 04 April 2009

Memberi Password File Aplikasi dengan Empathy

Empathy merupakan tool yang dapat digunakan untuk memproteksi dari penggunaan file aplikasi berekstensi .exe dari penggunaan yang tidak diinginkan. Proteksi di sini adalah dengan jalan memberi password file aplikasi tersebut, dan password yang diset tersebut akan diminta ketika akan dijalankan. Cara ini dapat dimanfaatkan ketika misalnya ada aplikasi yang pada dasarnya dapat digunakan siapa saja ketika komputer terbuka, namun kemudian kita ingin membatasi aplikasi tersebut. Namun sayangnya, tidak semua file apliaksi akan dapat diberi password dengan Empathy ini.









Untuk memberi password file aplikasi yang diinginkan, kita jalankan Empathy yang merupakan portable application ini. Pilih file .exe dari aplikasi tersebut, atur password yang akan diberikan dan klik tombol Protect.

Selain untuk memproteksi, pada Empathy sendiri juga ada fasilitas Unprotect, yang dapat digunakan untuk menghilangkan permintaan password yang diberikan sebelumnya.

Empathy, pada dasarnya dapat digunakan tanpa batasan waktu, namun karena sifatnya postcardware, ada pembatasan jika digunakan tanpa registrasi yaitu password yang dapat diberikan untuk aplikasi hanya 1 karakter. Jika memang ingin menggunakan secara penuh, maka kirimlah sebuah postcard atau kartu pos fisik ke pembuatnya, jangan lupa sertakan pula nama dan alamat email, karena nantinya unlocking code akan dikirimkan melalui alamat email ini.

Tidak Semua File Aplikasi dapat Diberi Password

Ketika saya mencoba Empathy ini, ada dua kemungkinan bahwa tidak semua file aplikasi dapat diberi password dengan Empathy ini. Kemungkinan pertama, file memang tidak dapat diproses untuk diberi password, dan yang kedua, file dapat diproses untuk diberi password namun kemudian file tidak dapat dijalankan. Beberapa apliaksi memang akan menyertakan proteksi untuk filenya sendiri, misalnya dia akan mengecek besar filenya atau checksum agar dapat dijalankan, sementara cara kerja Empathy ini adalah melakukan perubahan file .exe dari aplikasi yang dituju.

Untuk menghindari kemungkinan tidak bekerjanya Empathy ini, pastikan pada saat proses di atas pilih Create a backup before processing, jadi jika nantinya aplikasi yang diberi password tersebut tidak dapat berjalan, kita dapat mengembalikan ke keadaan semula dengan mengganti file .exe.bak yang dibuat ke file .exe semula.

Download Empathy | via gHacks

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar