Sabtu, 04 April 2009

Remote Sign Out Gmail dari Mobile Browser

Fitur baru Account Activity pada Gmail ternyata hanya berlaku pada tampilan Gmail versi terbaru dan pada tampilan basic HTML. Fitur tersebut tidak berlaku pada versi lama Gmail yang merupakan tampilan yang diperoleh secara default ketika menggunakan Opera sebagai browser, dan fitur baru tersebut tidak pula disediakan untuk tampilan mobile seperti nampak pada gambar di samping.

Ketika mengakses dari mobile browser, selain tampilannya sesuai untuk layar handphone, juga untuk meminimalkan biaya akses yang mungkin diterapkan operator berdasarkan besar data yang diakses. Untuk pengguna Gmail.com, akses ke mobile version dapat dilakukan dari alamat m.google.com/mail yang berujung pada alamat mail.google.com/mail/x/. Untuk pengguna Google Apps dapat mengaksesnya dari alamat mail.google.com/a/domain.com/x/.

Bagi saya pribadi fitur yang memungkinkan melakukan remote sign out akan lebih berguna jika saja dapat dilakukan dari browser Opera Mini pada handphone saya seperti telah saya singgung sebelumnya. Karena memang belum tersedia secara khusus untuk versi mobile, dengan pertimbangan biaya akses, untuk melakukan remote signout, terlebih dahulu login ke mobile version dengan alamat di atas (atau sudah otomatis login jika sebelumnya memilih “remember me”).

Jika sudah login, kemudian akses ke alamat berikut

mail.google.com/mail/h/?v=ac untuk Gmail.com, atau

mail.google.com/a/domain.com/h/?v=ac untuk Google Apps.










Pada halaman yang diperoleh, kita dapat melihat aktivitas login untuk account kita dan juga dapat melihat tombol Sign out all other sessions yang dapat diklik untuk mengeluarkan status login akses-akses dari lokasi lain misalnya akses Gmail pada browser di komputer kantor yang lupa atau tidak sempat logout.

Intinya, itu hanya memanfaatkan halaman detail account activity dari tampilan basic HTML.

Gambar-gambar di atas diambil dari tampilan Opera Mini 4.1 pada SjBoy Simulator.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar