Sabtu, 04 April 2009

Virtual Desktop Untuk Windows














Salah satu yang saya sukai dari desktop di linux seperti KDE dan Gnome adalah adanya fasilitas virtual desktop yang memungkinkan kita memiliki lebih dari satu desktop. Ini memudahkan kita membagi-bagi aplikasi-aplikasi yang dijalankan diletakkan pada desktop-desktop yang berbeda, sehingga tidak menumpuk pada satu desktop. Berbeda dengan linux, Windows tidak menyediakan fasilitas virtual desktop pada instalasi awalnya. Untuk menambahkan faslitas virtual desktop pada Wiandows kita memerlukan software tambahan.

Microsoft Virtual Desktop Manager (MSVDM)

Software dari Microsoft ini merupakan salah satu program yang termasuk Microsoft PowerToys for Windows XP. Dengan software ini, kita dapat membuat sampai dengan empat virtual desktop. Setelah menginstal, jangan kecewa dahulu karena seperti tidak ada hasil yang terlihat, karena untuk menjalankannya dilakukan melalui klik kanan pada task bar, pilih Toolbar — Desktop Manager. Selanjutnya akan muncul icon angka 1 sampai dengan 4 dalam taskbar, serta satu icon untuk memunculkan tampilan jendela aktif masing-masing desktop. Perpindahan dari satu desktop ke desktop lain dilakukan dari pengatur ini, atau juga dengan kombinasi tombol keyboard (hot key) yang dapat diatur.

Ketika menggunakan MSVDM ini, saya mempunyai masalah dengan Microsoft Excel. Ketika bekerja dengan Microsoft Excel pada desktop 1, misalnya, kemudian saya berpindah ke desktop yang lain, dan ketika berpindah ke desktop 1 kembali, toolbar pada Microsoft Excel menghilang.

Download MSVDM

Dexpot

Inilah software virtual desktop yang saya gunakan saat ini. Dibandingkan MSVDM, fitur-fitur yang dimiliki Dexpot lebih lengkap. Jumlah desktop yang dapat dibuat pun bisa sampai dengan 20 buah. Pengatur untuk berpindah dari satu desktop ke desktop lain bisa diletakkan di area manapun dalam desktop, tidak harus dalam taskbar seperti dalam MSVDM. Fitur lain yang menarik bagi saya adalah adanya window catalogue dan Desktop Rules. Dengan desktop rules, kita dapat menentukan suatu aplikasi dengan title tertentu, misalnya, otomatis akan dipindahkan atau disalin ke Desktop 1 dan berbagai kondisi dan aturan lain yang dapat diterapkan di sini.

Untuk penggunaan personal, Dexpot bersifat free.

Download Dexpot

Masih banyak lagi software-software virtual desktop yang dapat digunakan dan banyak diantaranya berlabel freeware, namun belum saya coba. Jika mempunyai pengalaman menggunakan, silahkan berbagi informasinya.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar